Senin, 27 Februari 2012

The One with Trimbil’s many Hat as a Caterer


Malem ini adalah jadwal membaca buku dan belajar... kalo dulu buku yang dipegang adalah PSAK atau buku Accounting...sekarang yang dipelajari adalah buku berjudul “The Everything : Guide to Starting and Running a Catering Business” karangan Joyce Weinberg yang didownload gratis dari internet...hahaha...
Nih Bukunya...isinya bagus n simpel buat dibaca...

Buku ini bercerita tentang seluk-beluk dunia catering, mulai perkenalan tentang definisi bisnis katering hingga segala rumpik nista yang berhubungan dengan bisnis katering. Sebagai ‘Anna Gare’ wanna be... (Anna Gare adalah salah satu juri junior masterchef sekaligus pemilik catering besar di Aussie) saya merasa harus banyak mencari ilmu yang berhubungan dengan cita-cita saya sebagai culinarypreneur...

Merintis karir sekaligus usaha di bidang ini saya akui penuh dengan tantangan yang menguras tenaga (dan harga diri)...hahaha... ditambah sebagai orang yang tidak ber’label’ pekerja, orang-orang komplek rumah saya pasti mikir “Mbak astri ini sebenernya kerja apa sih. Kok nggak keliatan ngantor pake baju hem. Tiap keluar pasti pake jeans, t-shirt, kalo nggak gitu celana kolor sama sandal jepit”. Dulu,tetangga-tetangga masih sering nanya “Mbak astri ngelamar kerja dimana?” atau yang lebih ekstrim “Mbak astri udah kerja dimana?”. Dua pertanyaan inilah yang menghabiskan harga diri saya....hahaha....Biarin aja...sekarang mereka udah bosen nanya, soalnya yang ditanya juga bosen njawab...

Sekarang, karena usaha saya bentar lagi mau berdiri secara resmi, saya masih bisa lah bilang (dengan malu-malu) kalo saya berwirausaha...paling nggak harga diri saya nggak begitu habis (dari tadi mbahas harga diri melulu). Biasanya mereka balik nanya : “Usaha apa mbak astri”. Nah kalo udah begini pertanyaannya pasti jawaban saya singkat :
“Oh saya punya catering bu/pak”

Sekaligus mbatin :

 “Pemilik catering plus tukang masak, dishwasher, tukang angkat-angkat, supir alias bagian delivery, bagian purchasing alias belanja ke pasar Blimbing, bagian accounting dan keuangan, manajer operasional..bu/pak” (sial)

Padahal saya selalu berkumandang bahwa saya adalah Pastry Princess...Eh aslinya pembokat di bisnis saya sendiri...(awas ae habis ini saya hire karyawan dan jadi the real princess)..hahaha....
Highest achievement ever as pastry princess...Macaron

Pierre...mousse cake pertamaku

Kemudian di chapter 3 buku ini, Weinberg menyatakan di bukunya (yang sedikit menghibur hati saya) :

Caterers wear many hats, and only one of them resembles the familiar white chef’s hat. There are many responsibilities to be fulfilled, including marketing and sales, planning, and financial management”

“At the beginning you’ll have the lofty title of EXECUTIVE CHEF, but you may also be sous chef, line cook, prep cook, and DISHWASHER, TOO!” (yeey...akhirnya saya bisa bertitel executive chef kayak chef Buyung Radiansyah...bos saya di hotel dulu)

Bagian berikut ini yang membuat saya sadar akan potensi saya :

“The catering business is not for the lazy or risk averse. For those who love sitting behind a desk all day, catering is not the profession for you (Pekerjaan yang selalu membuat saya ngantuk, sitting behind a desk and daydreaming about me marry Callum Hann, my pastry prince). If you love keeping busy, juggling many things at once, working under tight deadlines, orchestrating projects, and bringing enjoyment to others, then maybe catering could provide the right fit for you.”
Callum Hann, my pastry prince

Then I know...catering is something that fit for me...I just have to improve my skill and learn as much as I can to be the next ANNA GARE...
Anna Gare, cantik, ramah, baik hati, pinter masak, pengusaha sukses (Astri di masa depan)

(Tulisan ini saya buat untuk membesarkan hati orang-orang yang senasib dengan saya...sebagai perintis usaha... yang berprofesi sebagai owner plus karyawan plus supir dan plus plus lainnya...)

Penderitaan masa kini adalah cerita lucu di masa depan...ceritakan ke anak cucu anda, they must be proud of you...someday...

Selamat menikmati setiap penderitaan

Salam sayang
Astri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polite comment and critic only