Senin, 22 Agustus 2011

Tiramisu.... TirAi-Miss-U....

Dulunya aku berpikir, kalo tiramisu cake itu berasal dari Jepang...dan ternyata aku salah. Tiramisu adalah kue asli Italia yang baru populer 30 tahun terakhir. Anna Maria Volpi menyebutkan bahwa kita tidak bisa menemukan resep tiramisu ini di old italian cookbook. Ia pertama kali menemukan resep tiramisu adalah pada tahun 1985-an.
Tiramisu

Ciri khas dari kue Italia ini adalah kombinasi rasa keju dan kopi yang kuat. Dasar dari tiramisu adalah ladyfingers atau savoiardi yang dicelup dalam larutan kopi. Kemudian secara berlapis-lapis bergantian disusun dengan zabaglion (sabayon) atasnya ditaburi coklat bubuk. Hmm....Menurut resep asli, biskuit ladyfinger nggak dicelup dalam alkohol (cuma di larutan kopi aja) tapi banyak orang yang mencelupnya dalam larutan kopi dan alkohol (misal rum, cognac atau marsala wine). 
Ladyfingers

Strong Espresso buat celupan savoiardi

Hari ini aku bikin tiramisu di Imperial Cooking School. Cooking is about creativity...jadi sekalipun konsep tiramisu adalah seperti yang aku sebutkan diatas, tapi nggak menutup kemungkinan kita mengkombinasi atau mengganti bahan. Di Imperial Cooking, beberapa bahan pembuat tiramisu diganti, misalkan ladyfinger diganti sponge cake. Larutan kopi diganti campuran antara gum syrop dengan pasta macchiato. Fillingnya yang biasanya menggunakan mascarpone cheese, diganti dengan sour cream dan cream cheese (mascarpone cheese mahal soalnya...)
Tiramisu Gue...mletot mletot

Mengingat bahaya bakteri salmonela di dalam raw egg, maka Anna Maria menyarankan untuk menggunakan metode bain-marie untuk membuat zabaglione dan ditambah dengan whipped cream. Metode bain-marie adalah metode memasak tidak langsung alias dengan double boiler. Jadi kuning telur yang dikocok dengan gula (zabaglione) tidak langsung bersentuhan dengan api, tapi ada perantaranya yaitu panci berisi air mendidih.

Metode Bain-Marie

Metode yang kupelajari hari ini masih menggunakan metode klasik. Jadi mengocok putih telur dan gula dalam satu tempat, kuning telur dan gula dalam satu bowl, cream dan gula dalam satu bowl, dan sour cream+cream cheese+gelatin dalam satu bowl...semuanya akan dimix jadi satu untuk filling tiramisu. Aman nggaknya dari si salmonela, ane kagak tahu..hihihi....bismillah aja dah...

Sejatinya, bentuk tiramisu adalah bunder. Tapi sekali lagi, cooking is about art...presentasi yang menarik adalah bagian dari kreativitas dan seni pembuatnya. Jadi, bisa dimodifikasi dengan beraneka macam model penampilan. Mau kotak, ditaruh di gelas tinggi, di alumunium foil, atau dibuat bulet kecil-kecil...Up to us...!!!


Pake gelas juga lucu

Bagus yaaa.......?

Tahukah kalian bahwa arti dari 'Tiramisu' adalah
Pick Me Up

Jakarta, 22 Agustus 2011
23.57
-Love-
Astri

1 komentar:

Polite comment and critic only