Selasa, 09 Agustus 2011

Food Review #2 : Colorful Macaron.......!!!!!

Pertama kali jatuh cinta pada macaron adalah...waktu Callum Hann menang tantangan invention test di Inggris untuk bikin dessert dengan tema afternoon tea...
Callum and his Macaron

Macaron adalah kue kecil-kecil berwarna-warni yang dibuat dari meringue atau putih telur yang dikocok hingga mengembang terus dicampur dengan gula yang  dimasak dengan air sampai dengan suhu 120 derajad celcius. Kemudian meringue ini dicampur dengan almond bubuk dan icing sugar. Macaron biasanya diisi dengan berbagai jenis rasa filling. Konon, meski kecil, imut dan kelihatannya sederhana. Kue ini termasuk kue yang tingkat kesulitannya tinggi dan butuh perhatin khusus ketika membuat.

Macaron
Di Paris, ada sebuah toko pastry yang khusus menjual pastry high class, namanya Laduree...kabarnya, disinilah macaron pertama dibuat. Toko ini bisa menjual hampir 15.000 macaron setiap harinya. Laduree dikenal sebagai pembuat macaron terbaik di dunia...hmm....untuk melihat macaron Laduree silahkan kunjungi http://www.laduree.fr/en/fabricant/produits/macarons

Laduree - Luxury Pastry Shop in Paris
Saking penasarannya saya dengan si mini macaron, saya minta chef Hideyoshi memberikan kelas untuk membuat macaron... Waktu itu saya memilih French Macaron, ada 4 rasa yang ditawarkan yaitu pistachio, mochaciato, orange dan blueberry...Namun sayangnya.....hasilnya gatot...GAGAL TOTAAAAL....macaronnya nempel di gigi, nggak ngembang, lengket-lengket dan saling berlekatan...hmpph...kue mahal-mahal dibuang ke sampah (habis nggak bisa dimaem). Hiks....

Italian Meringue



Macaron Astri

Masih belum menyerah untuk mengenal macaron, suatu saat aku pergi ke Cilandak Town Square, aku mempir ke Bakerzin, saudara sepupuku bilang Bakerzin jual macaron...tanpa bertele-tele, langsung Masnya aku tanya ada berapa varian macaronnya... Wiiiii.....pertama liat macaron di depan mata, aku langsung jatuh cinta...hmmm....belum pernah aku liat ada kue selucu ini. Sepertinya rasanya juga yummy... Macaron ini bisa dibeli bijian dengan harga IDR 8.500 per biji, atau jika kita beli per 5 biji atau 10 biji, maka jatuhnya akan lebih murah...
Bakerzin's Macaron

Akhirnya, aku beli (lebih tepatnya dibeliin) macaron 5 biji....#terima kasih Tante Dewi... yang nggak nguwati lagi itu boxnya. Udahlah macaronnya lucu, box nya bagus dan elegan, jadi nggak tega mau langsung diabisin. Aku beli 5 rasa yaitu, green tea, blackforest, coklat, kopi dan orange dengan filling yang berbeda-beda pula. Macaron pertama yang kumakan adalah rasa blackforest...

Blackforest Macaron

Gigitan pertama...

Huaaa.....I cant describe the way I feel....meringuenya crispy n crunchy.... nggak liat kayak punyaku. Pokoknya rasanya kayak biskuit tapi lebih ringan teksturnya...pokoknya enaak...apalagi fillingnya juga pas manisnya. Meringuenya manis, jadi filling yang terlalu manis bisa merusak kombinasi rasa macaron. Tapi macaron Bakerzin ini pas, apalagi yang green tea, fillingnya memang agak pait kalo dijilat terpisah...hihihi...tapi kalau dimakan barengan maka bitter and sweetnya balance...aku suka yang green tea!!!! rasanya seimbang. Yang macaron coklat, isinya coklat ganache...ganache ini adalah coklat yang ditim barengan krim...TOP banget coklatnya...!!!!

Astri's Fav, Greentea Macaron

Pengalaman makan macaron bagi aku emang berkesan banget, di Malang makanan ini belum populer dan entah apakah bisa populer mengingat harganya yang mahal dan bahan bakunya yang juga mahal. So, karena aku belum pernah merasakan the best macaron in the world milik Laduree...aku akan kasi predikat the best macaron in Indonesia versi Astri untuk Bakerzin....

Hmmm...jadi inget adikku si Jinggo...andai bisa nyoba macaron berdua ma dia....

Once in a lifetime...you should try this one...
Lovely & Sweet Macaron


1 komentar:

  1. wow..belom pernah tau yg beginian.. kayaknya enak..
    Macaron yah.. tak kirain tadi mercon..haha..

    BalasHapus

Polite comment and critic only